jump to navigation

Cemburu di Tanah Pasundan 5 Juni 2004

Posted by sri nanang setiyono in Esai.
trackback

Aku cemburu, betul-betul cemburu pada tanah ini. Pasundan namanya. Bandung ibukotanya. Aku cemburu karena tak pernah menemukan harmoni antara lama dan baru dalam setarikan nafas yang menyejukkan. Cemburu karena kota tempat aku tinggal kini, tak lebih sebuah wilayah tanpa roh. Roh masa lalu yang perlahan tergerus keserakahan kapitalisme. Naluri pribuminya untuk bersenggama dengan alam telah sengaja disingkirkan oleh mesin-mesin kapitalisme dan peradaban bertitel modernisasi.

Terang saja aku cemburu karena justru di tanah Pasundan, di sinilah harmoni antara alam dan manusia menemukan sintesisnya yang nyata. Tak susah melihat budaya pop bersanding dengan budaya asli. Tak sulit menyaksikan perkawinan yang barat dan timur di sini. Tak perlu sengsara untuk menghirup kesejukan alam di tengah kota sekalipun.

Barangkali bila warga Jakarta bisa nyaman berjalan-jalan di pinggir jalan protokol, tak perlu ada boulevard tiruan di Dharmawangsa Square atau Cilandak Town Square. Sungguh….aku cemburu..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

