jump to navigation

Mutiara dari Gus Mus 3 Agustus 2006

Posted by sri nanang setiyono in Esai.
trackback

“Ya Tuhan, aku tidak meminta ringannya beban, pundak dan kakiku saja kuatkan”

(A. Mustofa Bisri)

Gus Mus, kiai asal Ponpes Raudatul Thalibin ini namanya tak saja harum di kalangan santri dan masyrakat Indonesia. Dia dikenal karena sikapnya yang kritis, teguh pendirian, istiqomah dan santun. Bahkan dengan Gus Dus yang notabene masih saudaranya itu, Gus Mus bisa berbeda sikap soal masalah-masalah politik dan kemasyarakatan.

Gus Mus juga dikenal sebagai kiai yang gemar sastra. Sering, sang kiai yang rambutnya sudah memutih tampil di televisi atau di gedung kesenian untuk membacakan sajak-sajaknya. Syairnya selalu punya ciri khas yang kuat. bahasa yang tajam, lugas namun makna. Isinya selalu tentang kisah-kisah manusia berkutat dengan lingkungan dan Tuhan.

Belajar kepada Gus Mus adalah belajar tentang hidup, tentang nilai-nilai, tentang sikap, tentang akhlak, tentang kepedulian, tentang kearifan dan tentang arti Islam dan menjadi muslim. Beruntung sekarang saya tak perlu lagi menunggu artikel yang ditulisnya di surat kabar. Saya bisa membaca hikmah, syair, humor dan buah pikirannya di situs resminya.

Belajarlah dari Gus Mus. Belajarlah….

Komentar»

1. m.ajipancanata - 20 Maret 2009

Assalamu’alaikum
yai saya masih selalu bimbang pada keadaan?
keadaan ibadah saya
keberadaan saya yang belum punya rumah sendiri
penghasilan saya
keluarga saya, dah dua anak
kerjaan saya yang hanya guru swasta(mts)
lingkungan yang butuh saya
gimana yai dalam perjalanan penyikapan saya pada keadaan, sehingga saya kadang slalu menghindar dari imam masjid karena masih muda, belum istiqomah, dan lain2
trimakasih atas semuanya
wasallam,

2. m.ajipancanata - 20 Maret 2009

yai dzikir yang mudah
untuk ketetapan hati
setelah sholat

3. ahmad najib - 5 Juni 2009

Assalamu’alaikum,yai.kl nywn pirso mslh
thoriqoh2 apa aja yang mu’tabar itu? saya pernah di bai’at ikut thoriqoh naqsyabandiyan oleh syekh Hisyam kabbani dari AS.bnrkh thoriqoh itu?trs spkh Syekh Hisyam ?mhn pnjlasnnya.terima kasih.Wassalamu’alaikum Wr Wb


Tinggalkan Balasan

