jump to navigation

Israel Dekati Indonesia via Website 19 Desember 2006

Posted by sri nanang setiyono in Jurnalisme.
trackback

Saya agak terkejut ketika membaca berita di situs The Jakarta Post hari ini berjudul Israel starts website in Indonesian. Dalam benak saya terbersit pikiran betapa pentingnya posisi Indonesia di mata negara Yahudi itu sampai rela membuat website dalam bahasa Indonesia. Bukankah bila ingin pesan dan citranya diketahui khalayak luas, bisa memakai bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa pergaulan dunia?
Rupanya bukan itu saja yang diinginkan oleh Israel. Lewat website http:\\jakarta.mfa.gov.il Negara yang dimusuhi seluruh orang Arab dan muslim ini memang sedang mencoba mengambil hati penduduk Indonesia. Setidaknya mendapat simpati sekaligus bisa mengubah persepsi orang Indonesia tentang Israel. Website ini menjadi semacam counter attack terhadap pemberitaan media massa Indonesia yang hampir semuanya bersikap anti-Israel.
Beberapa indikasi itu antara lain :

  1. Memasang header dengan dengan tulisan Israel Diplomatic Network dan di bawahnya tertulis Israel-Indonesia Web Site. Memang website ini dibuat Kedutaan Israel di Singapura, tetapi memasang header di atas mengesankan seolah-olah ada hubungan resmi dalam tingkat diplomatik antara Indonesia-Israel.
  2. Gambar bendera Bintang David (bendera Israel) bersanding dengan Merah-Putih tanpa memakai garis pemisah yang tegas. Malah bagian yang berdekatan antara dua gambar tersebut tampak melebur seolah-olah tak ada lagi batas antara keduanya. Orang Jawa bilang koyo konco kenthel (seperti sobat kental).
  3. Walaupun ada menu Select Your Language, toh tak ada bahasa lain yang dipakai kecuali Bahasa Indonesia. Jelas pembaca yang dituju adalah orang Indonesia.
  4. Begitu membuka situs tersebut, pembaca akan disambut dengan artikel berjudul Mengenal Lebih Baik Tentang ISRAEL. Bagian awal tulisan ini dipasang kota Jerusalem dari kejauhan sehingga tampak kubah keemasan Masjidil Haram. Foto ini disandingkan dengan foto sepasang tokoh wayang kulit dalam posisi berhadap-hadapan dan di antara keduanya tampak cahaya terang yang membuat dua wayang tersebut tampil seperti siluet. Hanya saja, ada yang menggelitik saya dari foto wayang tersebut. Si anak wayang yang di sebelah kanan adalah Kresna, penasehat Pandawa yang jadi golongan pembela kebenaran dalam kisah Mahabarata. Sedangkan wayang di sisi kiri (kalau tak salah) adalah tokoh buto alias raksasa yang melambangkan dunia angkara murka. Nah loh….Saya sungguh tak mengerti alasan pemilihan foto siluet wayang ini selain memberi simbol tentang kebudayaan Indonesia.
  5. Pemakaian istilah teroris untuk menyebut kelompok Hizbullah dan aktivitasnya. Juga diungkap alasan-alasan Israel melakukan serangan ke Libanon beberapa waktu lalu yang dikatakan untuk membela diri.
  6. dll.

Terlepas dari persepsi kita tentang negara Yahudi tersebut, ada satu pelajaran yang patuh dicontoh oleh Indonesia dan masyarakatnya. Kendati citranya babak belur di luar negeri, toh negara itu tak berhenti untuk menggelar kampanye dan promosi public relation untuk mengubah citranya. Bagaimana dengan kita ?

Iklan

Komentar»

1. qaz - 10 Januari 2007

ass.
halo . salam kenal.
ane cuma amu klarifikasi.
di poin 4 ditulis “Bagian awal tulisan ini dipasang kota Jerusalem dari kejauhan sehingga tampak kubah keemasan Masjidil Haram” maaf, setahu saya dari sebuah majalah islam Sabili dan As Sunnah bahwa bangunan dengan kubah yang selama ini dianggap sebagai masjidil Aqsa(yang dalam tulisan anda ditulis masjidil haram) sebenarnya bukan al Aqsa, tetapi lebih dikenal dengan nama Doom of the Rock. memang bangunan ini sebenarnya yang mendirikan adalah kekalifahan islam tetapi sudah terlalu berubah fungsi ketika palestina berada di bawah kekuasaan Pasukan Salib (atau ada juga yang menyebutnya Knigt Templar) seperti dijadikan makam dan lainnya. masjidil Aqsa yang sebenarnya memiliki kubah yang dihiasi beberapa menara lancip dan berwarna gelap( yang beberapa belas tahun yang lalu pernah berusaha dirobohkan oleh yahudi dengan menggali terowongan dibawah masjid dengan alasan untuk membuat jalur kereta bawah tanah yang sampai saat ini tidak ada kelanjutannya). sedngkan bangunan dengan kubah emas ini sekarang bahkan direncanakan akan dijadikan pusat negara israel(mereka menyakini bahwa kuil solomon atau sulaiman berada di bawahnya).

2. sri nanang setiyono - 10 Januari 2007

Mas Qaz, terima kasih atas koreksinya. Habis terlalu bersemangat nulis begitu muncul ide, langsung aja ditumpahkan ke blog. Hehehe..wartawan juga manusia mas. Iya….mestinya ditulis Masjidil Aqsa….soal informasi Doom of the Rock, saya lagi-lagi berterima kasih sama mas Qaz. Oiya….kapan bikin blog? Salam kenal

3. baguz - 31 Oktober 2007

Wah saya juga mau komentar ttg Masjidil Haram itu..
Sebaiknya sih diedit saja, kalo tulisan aslinya masih dipertahankan kesannya mengurangi kredibilitas Sri Nanang nih..

4. Bona - 15 Januari 2009

sibuk amat ngueusin negara orang…berbuat aja yg terbaik buat negeri ini…ga usah mikirin negara orang…

5. Abu Rayyan - 26 Januari 2009

maaf mas, saya juga ingin koreksi sedikit, bahwa gambar bendera yang ada di website itu bukan merahputih yang polos, tapi yang ada gambar bintang2 dan bulan aliyas bendera Singapura

6. Nanang - 26 Januari 2009

terima kasih atas koreksinya. Tak perlu minta maaf. Semestinya saya berterima kasih karena dikoreksi. Salam

7. a'a - 27 Maret 2009

yang nulis ini kurang informatif, memang mereka membuat web dari keduatan buat agar orang kayak lo dan yang lainnya bisa ngerti soal israel, tidak seperti yang biasa wartawan indonesia yang hanya memojokkan israel. dall
dan buat Qas (komentar 1), dapat informasi dari mana terowongan di bawah Al-Aqso itu yang di gali buat jalur kereta???? gw dah berkali kali liat tuh terowongan, dulu mereka minta ijin untuk mencari sejarah yg tertinggal waktu kuil salomon itu, sebelum ada Al-Aqso tetapi tidak diberikan izin, maka dari sebelah tembok ratapan mereka melakukan penggalian itu dan Bukti itu ada dan dibawah terdapat perpustakaan dan lain lainnya yang terbakar pada jaman itu, makanya sebelum komen jangan di dengar doang tapi buktiin dengan mata kepala

Buat semuanya jangan menghujat sebelum lo tau akar masalahnya dan akar berita tanpa bukti

salam

bonet - 3 Juni 2009

apa yang lo tau soal israel?, pake logika aja, kalo nenek moyang bangsa indonesia berasal dari cina apakah berarti bangsa cina dengan seenaknya obok2 indonesia jg?

a'a - 3 Juni 2009

tentu saja gw tau donk, wong gw tinggal disini kok (tel-aviv).
lu orang cuman tau berita tentang israel lewat berita indonesia doank kan? disana tidak seperti yg orang liat diberita..
saya ambil contoh, waktu berita di Indonesia tentang Warga Palestina tidak boleh sholat di Al-Aqsa, jangan pandang negatifnya kalo tidak boleh sholat disana… penjagaan ketat itu karena menghindari kejadian yg tidak diinginkan baik dari Palestina atau Israel, apakah anda tau kalo orang israel hampir semua disana bisa berbahasa arab? sedangkan masuk ke dalam Al-Aqsa harus bisa berbahasa Arab atau mengetahui tentang Al-quran, apalagi banyak yg ingin menghancurkan Al-Agsa, belum lagi yg radikal, apa jadinya jika pengamannya sembarangan … makanya saat perang disana di jaga sangat ketat karena menghindari hal2 yg tidak di inginkan, bukan melarang Sholat disana.
mungkin itu yg saya jelaskan saat ini, ok friends

tan yanto - 3 Agustus 2011

gimana cara dapatkan visa israel?

Joe - 4 Agustus 2011

apply di singapura aja
lebih cepat visanya keluar klo ada koneksi di israel dan visanya lebih panjang…..

biasanya masa berlaku visa israel untuk indonesia maxsimal 10 hari

a'a - 6 Juni 2009

lo tau ga kalo beritanya tuh amburadul…. contoh tanggal 5 hari jumat berita dinihari di SCTV mengatakan bahwa Kepolisian Fatah mengepung gedung dimana ada orang orang hamas tetapi di TVone mengatakan bahwa pasukan israel mengepung gedung dimana terdapat kelompok hamas…. apakah tidak memprovokasi dari salah satu berita itu….
anda sendiri tau ga sih siapa itu Fatah dan Hamas?
west bank yg mana dan gaza yg mana? jgn jgn anda sendiri tidak tau lokasi itu…

a'a - 6 Juni 2009

IF there’s a land Called papua…and Some Indonesians Live there…
is it legal for Indonesia to anex Papua?

8. santiOmSanti - 6 Oktober 2009

Israel memang ahli dalam orasi dan propaganda , kita dapat belajar propaganda dari tulisan mereka tersebut terutama utk anak2 jurusan ilmu komunikasi massa.

Papua tu adalah bagian Hindia Belanda . perjanjian kemerdekaan RI adalah seluruh wilayah Hindia belanda di Asia tenggara dan pasifik.
Jadi legal untuk menguasai Papua

message to separatists, betrayal, or perhaps moron Jewish :

West Papua was part of the Dutch East Indies. RI independence agreement is the entire area of the Dutch East Indies in southeast Asia and the Pacific.
So legally to take control of West Papua

a’a dongo lu

Joe - 4 Agustus 2011

ehh lu udah baca perjanjiannya?
lo yang dongo…. disitu tertera pemerintah indonesia menguasai papua sampai masyarakat papua mampu untuk melakukan pemungutan suara untuk menentukan nasib sendiri…..

emang dongo lo…

9. santiOmSanti - 6 Oktober 2009

pesan u a’a moron idiot dalam ibrani:

הודעה בדלנים, בגידה, או אולי מפגר היהודית:

פפואה המערבית היה חלק של הודו המזרחית ההולנדית. הסכם RI עצמאות היא כל האזור של הודו המזרחית ההולנדית ב מזרח אסיה והאוקיינוס השקט.
אז חוקית להשתלט על פפואה המערבית

10. santiOmSanti - 6 Oktober 2009

hati2 org Indonesia juga tau bahasa Ibrani dongo.

11. ana - 4 Juni 2010

FUCKI ISRAEL…jgn mau indonesia juga bersekutu dengan israel….
INDONESIA HARUS TOLAK AS DAN ISRAEL>>

12. ana - 4 Juni 2010

ISRAEL itu bagai ANJING GILA yang GAK PUNYA RASA KEMANUSIAan…jgn mau indonesia juga bersekutu dengan israel….
INDONESIA HARUS TOLAK AS DAN ISRAEL>>

13. Salam - 5 Juni 2010

@santiomsanti
הודעה בדלנים, בגידה, או אולי מפגר היהודית:

פפואה המערבית היה חלק של הודו המזרחית ההולנדית. הסכם RI עצמאות היא כל האזור של הודו המזרחית ההולנדית ב מזרח אסיה והאוקיינוס השקט.
אז חוקית להשתלט על פפואה המערבית

Artinya:
message to separatists, betrayal, or perhaps moron Jewish :

West Papua was part of the Dutch East Indies. RI independence agreement is the entire area of the Dutch East Indies in southeast Asia and the Pacific.
So legally to take control of West Papua

Jah hebrew modal translater aja blagu wkakakakakakakaaaaaa

Tau apa lu soal papua? indonesia hanya mengusai papau sampai papua siap untuk melaksanakan referendum, itu ada dalam perjanjian.

I love Indonesia, I love Papua

14. Eddy S - 25 Oktober 2011

Saling belajar,saling mengerti pahami yang ada, yang pasti smua negara semua agama punya kepercayaan masing masing, saling mendoakan supaya dibukakan pintu kearifan dan keteduhan diantara kita semua,kita hanya mampir disini…..Saya juga percaya dan yakin semua mengajarkan sesuatu yang baik dan buruk di semua Agama di dunia ini.Kita Semua Milik Tuhan, Kita tdk ada apa apanya di banding Kekuasaan Nya,yang pasti Sejarah 2 di dunia tercipta untuk kita sebagai manusia tuk mengambil intisari sejarah untuk wawasan dan pemikiran kita ke arah perbaharuan yang positif,semua tdk kita bawa kelak, Hanya ada Kita dan masa lalu, tentang hati dan apa yang kita Percaya yang akan menentukannya di HadapanNya…sebesar apapun kekuatan Kita…..duh jangan deh kita gini2 masih ada yang Menciptakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: