jump to navigation

Redefinisi Sukses 8 Maret 2007

Posted by sri nanang setiyono in Esai.
trackback

Setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik, manusia bekerja keras membanting tulang. Ada berniat sekadar mencari sesuap nasi pengganjal perut, ada yang ingin membantu orang lain, tapi tak sedikit yang berniat meraih kesuksesan. Sukses…., kata ini, ibarat gula yang membuat semut berbondong-bondong mendekatinya.

Sebenarnya apa sih definisi sukses itu? Jujur saja, sampai sekarang saya pun tak tahu. Tapi marilah kita berkaca pada orang-orang yang dalam pandangan masyarakat kita tergolong kategori “sukses” (sengaja memakai tanda petik sekadar menegaskan pengertian sukses yang telanjur dipahami masyarakat awam).

Bob Sadino, pengusaha pemilik Kemchick group, menjelaskan konsep sukses dalam paradigma yang sederhana.
“Kalau saya besok bisa makan, maka saya sudah sukses,” ujarnya seperti dimuat dalam situs pembelajar.com. Rupanya Bob sangat menghargai nilai dari aktivitas makan. Dia tak menilai dari jumlah uang, mobil, luas tanah, simpanan deposito, saham, atau banyaknya rumah yang dimiliki. Dalam konteks masyarakat kita, aktivitas makan sehari tak membutuhkan uang lebih dari Rp 10 ribu sehari. Jumlah yang sangat kecil dibanding nilai kekayaan Bob saat ini.

Sedangkan Gede Prama, pengusaha yang juga penulis buku dan pakar manajemen, menyebut sukses adalah buah dari keyakinan dan usaha. Tanpa keduanya, sukses mustahil diraih. Baginya, sukses tidak diukur dalam jumlah materi yang diraih. Kondisi ketahanan mental adalah parameternya. Seseorang belum dikatakan sukses bila setelah terpuruk dia susah untuk bangkit lagi. Namun bila kondisi mentalnya sudah siap dan selalu siap bila jatuh, maka tak butuh waktu lama untuk kembali ke kondisi semula.

Sukses ala Gede Prama ini tak jauh beda definisinya dengan pengertian sukses yang diyakini penulis buku Rahasia Sukses Luar Biasa, Jennie S. Bev.
Dalam wawancara dengan pembelajar.com,alumni FH UI yang tinggal di AS menggambarkan sukses dalam ukuran keyakinan atau mindset. Sikap hidup dan keyakinan untuk tidak mudah menyerah dan nyaman dengan kondisi yang diterima, adalah wujud hakiki kesuksesan. Simak penuturannya dalam situs pembelajar.com itu :

Sukses sendiri perlu didefinisikan dengan benar. Menurut pandangan saya, sukses adalah mindset. Saya adalah sukses, sukses adalah saya.Bukan pencapaian materi. Bukan pula prestasi yang kasat mata. Sukses
adalah tentang being and becoming. Seorang sukses adalah seseorang yang bisa bertahan hidup tanpa kehilangan dirinya sendiri di dalam segala situasi.

Nah, dari penuturan orang-orang “sukses” tersebut, ada garis merah yang bisa diambil. Yang paling pokok, kesuksesan bukanlah ukuran materi. Bagi mereka, sukses adalah pola pikir, keyakinan, dan kondisi mental yang terbentuk dari pahit getir usaha. Apa artinya uang banyak bila hatinya ciut, keyakinan lembek, dan mentalnya loyo? Banyak tokoh-tokoh pemimpin di berbagai negara dan masyarakat, bukanlah orang yang berharta. Semangat yang tak pudar, keyakinan yang kokok dan mental baja, adalah faktor-faktor yang membuat mereka disebut sebagai orang yang sukses. Siapa yang meragukan ketokohan Mahatma Gandhi, Bung Hatta, atau Nelson Mandela? Mereka bukanlah orang-orang berlimpah harta. Jadi Anda ingin kaya atau ingin sukses?

powered by performancing firefox

Iklan

Komentar»

1. yusuf alam r - 13 Maret 2007

sukses adalah masalah menentukan dan cara mencapai tujuan dengan benar….

2. Rahmat - 6 April 2007

Mengapa harus repot-repot dengan definisi sukses? Definisinya adalah sangat sederhana, sukses adalah tercapainya apa yang kita inginkan.

Sementara, jika kita berbicara mindset dan mental, itu adalah bagian dari meraih sukses. Sukses besar hanya bisa diraih dengan mindset yang benar dan mental yang kuat.

Definisi sukses yang mengambang justru akan meng-demotivasi diri kita. Seseorang bisa saja mengaku sudah sukses tanpa mau berkarya, tanpa mau berusaha, dan tanpa bekerja keras.

3. Maldien Albicksy - 1 Mei 2007

Menurutku sukses adalah sebuah pilihan dalam hidup
H I D U P S U K S E S ………. P A S T I

4. dewi - 1 Maret 2008

Sukses itu adalah aku bahagia, kamu bahagia, dia bahagia, kalian bahagia, semua bahagia….
Sukses adalah ketika kita merasa cukup dan ikhlas dengan apa yang kita punya. Tidak ada beban jika kita terpuruk atau jatuh. Merasa berlebih jika kita berada di atas. Ikhlas menerima apapun dan selalu optimis bahwa besok pasti lebih baik dari hari ini.

5. maria - 10 Juni 2009

sukses ialah orang yang berkecukupan…
gag usah panjang2 ntar pusing…

sandi - 30 Juli 2009

dasar pelit……..?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: