jump to navigation

Bikin Sendiri Toko Online dengan OsCommerce 26 Januari 2009

Posted by sri nanang setiyono in Online Webstore, Wirausaha.
Tags: , , ,
trackback

Setengah terakhir ini ada kesibukan lain yang saya geluti. Berawal dari keinginan memiliki sendiri toko online, saya malah mulai merambah ke dunia online business dan web desaigner khususnya pembuatan toko online. Saya memanfaatkan script OsCommerce yang terbukti handal untuk membuat toko online. Skrip yang gratis ini bisa dikembangkan untuk beragam keperluan kita membuat toko online, mulai dari membuat untuk toko dengan komoditi kurang dari 25 item hingga yang jumlahnya ribuat item.

Satu hal yang menguntungkan lagi, membuat sendiri toko online membuat saya tahu tentang seluk beluk dan tata kerja website toko online itu. Setiap kali ada kesalahan proses atau kegagalan sistem, saya segera tahu di mana letak kesalahannya.

Yang lebih menggembirakan lagi, OsCOmmerce bisa dikawinkan dengan program-program website lain yang bersifat Open Source seperti WordPress, phpBB, v.bulletin, image gallery dan lain-lain.

Berikut beberapa toko online yang sudah saya buat dan melayani transaksi.

1. Satubuku.com

2. Senyumuslim.com (waralaba toko buku Islam)

3. Demimasa.co.id (onlinebookstore)

4. Pompadanblower.com (CV Sejahtera Abadi Jaya)

5. Standmuslim.com (muslim store)

Selain untuk keperluan pribadi, saya juga melayani pembuatan website toko online untuk perusahaan dan lembaga. Saya juga melayani pembuatan portal berita, blog, atau galeri foto online. Yang terakhir ini tentu tidak memakai OsCommerce.

Bila tertarik dengan jasa saya, silakan hubungi saya di snsdotcom@yahoo.com atau telepon: 08816892934 atau 08181769486.

Komentar»

1. Mike - 4 Maret 2009

First blog I read after wakeup from sleep today!

________________________
The Easiest and Quickest $100 A Day I Know.Email to mike.wilson80@ymail.com for more information.

2. erna - 20 April 2009

erna ingin memiliki toko online dan memasarkan produk dari kota sendiri tetapi apakah memakai oscommerce sangat mudah ?
bagaimana cara untuk merubah ke bahasa indonesia ‘oscemmerce” / menambah ke bahasa indonesia.

sri nanang setiyono - 10 Januari 2010

mudah sekali mbah. Untuk merubah ke bahasa Indonesia, cukup tambahkan module yang bisa didownload di http://addons.oscommerce.com/info/4758 dan ditimpakan ke script oscommerce…

ardyan - 19 Januari 2010

cuma ditimpa aja?
berarti dioverwrite gitu aja?

Nanang - 10 Februari 2010

iya mas. ditimpa saja. asal belum ada addons bahasa indonesia atau skrip oscommerce belum dimodifikasi.

3. Nanang - 20 April 2009

oscommerce sangat mudah dioperasikan. Selain ukuran softwarenya yang kecil, pengoperasinya juga sederhana dan tidak ribet. Soal cara menambahkan bahasa Indonesia, memang ada modul khusus yang harus ditambahkan yaitu modul bahasa Indonesia. Bila Erna berminat silakan japri saya di snsdotcom@yahoo.com

4. william - 5 Mei 2009

bos, terimakasih postnya,,,,,,,,,,,,

makasihh….

oiiiiiiiiiiiiiiiiiii

sri nanang setiyono - 10 Januari 2010

terima kasih juga sudah berkunjung

5. nana - 17 Mei 2009

Thank for your ateismen

6. bastenora - 18 Juni 2009

wa juga mau donk modul Bhasa Indo nya untuk oscommere saya. Makasih

sri nanang setiyono - 10 Januari 2010

silakan download saja di sini :
http://addons.oscommerce.com/info/4758

7. vianliusahajaya - 8 Juli 2009

mas, minta dong modul oscommerce yang bahasa indonesia…ke liniaji@gmail.com thanks before…

Nanang - 9 Juli 2009

Silakan download modul bahasa Indonesia di http://addons.oscommerce.com/info/4758

8. Konsultasi kesehatan - 19 Juli 2009

Mas mo tanya , OsCOmmerce itu termasuk salah satu plug in buat WP ??? atau…..
makasih…

semoga sehat selalu

nanang - 19 Juli 2009

Bukan Mas. OsCommerce adalah software opensource untuk keperluan ecommerce. Ia bukan CMS seperti wordpress. Tapi sekarang sudah ada yang mengawinkan wordpress dengan oscommerce jadi bisa membuat toko online dengan fitur selengkap oscommerce tp dijalankan dari admin wordpress.

Salam kenal

ardyan - 19 Januari 2010

pake plugin berarti mas?

9. deny - 5 Agustus 2009

sedang dicoba untuk toko online saya http://www.kadoku.net … semoga berhasil ya .. salam kenal.

tashi - 10 Agustus 2009

@deny : pake WP e-commerce plugin yah?
ini ad artikel ttg plugin nya : http://blogsessive.com/blogging-tools/wp-e-commerce-wordpress-plugin/

10. Nanang - 10 Agustus 2009

Buat teman-teman yang ingin menggabungkan OsCommerce dalam WordPress, bisa menggunakan plugin khusus oscommerce yang sudah dimodif. Silakan lihat di sini : http://webscripts.softpedia.com/script/Modules/WordPress-Plugins/WP-osCommerce-50783.html#

11. Fanani - 20 Agustus 2009

cara namba module bahasa indonesia ke oscommerce gimana??

Nanang - 20 Agustus 2009

setelah anda mengunduh module (plugins) dari alamat yang disebut di atas, dan melakukan proses uncompress, akan didapatkan file readme. Di sana dijelaskan cara melakukan instalasi bahasa Indonesia ke Oscommerce.

12. uno - 18 Oktober 2009

mas saya udah download wp oscommerce, terus habis itu gimana lagi,,,
filena di extract di wordpress nya yach, klo dah di extract ad tandanya ngk di wordpressnya,,,

o iya skalian nanya,,, em ganti templates oscommerce gimana c,,,
kq saya dah ganti database jadi error,, ywdh saya balikin seperti semula,,,

ksh tau caranya yach mas,, makasi sebelumnya

sri nanang setiyono - 10 Januari 2010

1. wp oscommerce itu kan plugins, jadi perlakukan sperti plugins yang lain. Upload lewat wp-admin dan kemudian aktifkan di menu plugins.

2. Sebelum ganti template, perhatikan dulu versi dari template dan versi oscommercenya. bila oscommerce anda belum dimodifikasi, template bisa langsung ditimpakan asal susunan template tidak diubah.

13. soim - 24 Desember 2009

saya buat toko online dengan oscommerce
1. gimana alamat webnya supaya misalkan jangan http://safir/catagory… tetapi mau saya http://safir/include… folder catagory nya jangan dibawa

2. saya instalasinya kenapa di atas web ada tulisan warning
tolong solusinya dong saya segera mau daftar hostingnya

terima kasih.

sri nanang setiyono - 10 Januari 2010

mas soim, untuk pertanyaan nomor 1 saya kurang bisa menangkap maksudnya. Untuk pertanyaan nomor 2, mas harus buang file install dan juga ganti status dari file configure.php-nya ke 444.

soimramadhan - 10 Februari 2010

Terima kasih atas jawabannya, file intall saya sudah buang, warning sudah hilang, masih ada satu lagi yaitu di configure.php nah saya cari status di configure.php tidak ketemu, kalo boleh tahu cara meletakan angka 444 di configure.php status baris yang ke berapa/dekat mana ya ?

terima kasih.

Nanang - 10 Februari 2010

Status file configure.php bisa diganti lewat program FTP seperti FileZilla. Tinggal sorot file configure.php trus lakukan klik kanan. Pilih Hak Akses Berkas, kemudian masukkan nilai 444. Kalau cara ini masih tidak bisa juga, pada file header.php ubah bagian ini :
// check if the configure.php file is writeable

if (WARN_CONFIG_WRITEABLE == ‘true’) {
if ( (file_exists(dirname($HTTP_SERVER_VARS[‘SCRIPT_FILENAME’]) . ‘/includes/configure.php’)) && (is_writeable(dirname($HTTP_SERVER_VARS[‘SCRIPT_FILENAME’]) . ‘/includes/configure.php’)) ) {
$messageStack->add(‘header’, WARNING_CONFIG_FILE_WRITEABLE, ‘warning’);
}
}

menjadi :

// check if the configure.php file is writeable
/*
if (WARN_CONFIG_WRITEABLE == ‘true’) {
if ( (file_exists(dirname($HTTP_SERVER_VARS[‘SCRIPT_FILENAME’]) . ‘/includes/configure.php’)) && (is_writeable(dirname($HTTP_SERVER_VARS[‘SCRIPT_FILENAME’]) . ‘/includes/configure.php’)) ) {
$messageStack->add(‘header’, WARNING_CONFIG_FILE_WRITEABLE, ‘warning’);
}
}
*/

mudah sekali !

soimramadhan - 15 Februari 2010

Terima kasih pa saya sudah bisa
terima kasih banyak. saya ucapkan. mudah-mudahan tidak bosan untuk menjawab permintaan permintaan saya.
Soim R

Satu lagi kalo tidak keberatan
1. gimana pa membuat link ke grup facebook dan ym dengan posisi gambar sejajar mendaftar dan gimana scriptnya.. ditempatkan di sisi kanan.
2. Gimana cara membuat banner flas.

trima kasih.

nanang - 9 Maret 2010

1. mas bisa pake addons yang ada di sini : http://addons.oscommerce.com/info/475 tetapi sedikit dimodifikasi pada file messegger.php yaitu pada bagian


diganti dengan :

  

nb: a:ganti your_userID dengan yahoo ID anda

2. coba gunakan addons di sini : http://addons.oscommerce.com/info/1816

Soim Ramadhan - 14 Maret 2010

terima kasih pa nanang sudah bisa,

tapi sekarang saya ada masalah di cache gimana ya file keblock dengan keterangan file doesn.t exist

gimana ya configure cache nya, direktory cache /tmp/
di hosting
terima kasih.

14. rumah dijual malang - 2 Februari 2010

bro, untuk oscommerce indonya itu yang didownload yang mana khan ada 3, karena yang terakhir saya download bisa, tapi waktu tambah category koq tidak bisa muncul ya?

Nanang - 2 Februari 2010

download yang terakhir mas, tapi sesuaikan versinya dengan versi oscommerce yang dipakai. Kalo nambah kategori tidak bisa mungkin karena ada admin tidak diinstal bahasa indonesia….

15. didik - 20 Februari 2010

pak saya coba install menggunakan bahasa indonesia tetapi waktu saya ubah kedalam bahasa indonesia kok eror yah,.saya menggunakan os commerce..

nanang - 26 Februari 2010

coba kirimin ke saya pesan kesalahan yang tampil di layarnya pak. tanpa itu, saya tidak bisa memastikan di bagian mana terjadi error. kirim ke email saya ya di snsdotcom@yahoo.com

didik - 17 Maret 2010

ok pak sdh ok nih..tp untuk yg admin memang msh belom bisa,
minta ilmunya lagi nih..
saya ingin menambah menu di kanan untuk menampilkan nama saya,alamat dan (yah semacam profil gitu) gimana caranya yah..
web saya http://www.esdegan.com..
thx before…:-)

16. muhammad guntur - 27 Februari 2010

Assalamu’alaikum saya tengah mencoba membuat toko online dengan alamat http://www.kiosQN.com. Yang menjadi masalah adalah ketika saya mengedit category (menmabah, mengurangi, menambah gambar dll) di halaman admin tidak bisa dan tidak bisa tampil di halaman web. Mohon bantuan syukron, barakallahu fiik

nanang - 9 Maret 2010

Ada beberapa kemungkinan penyebabnya pak.
1. Cek status dari folder images, pastikan memiliki status 777.
2. Terjadi kesalahan proses pada file admin>categories.php.
Untuk lebih jelasnya coba kirimkan pesan kesalahan yang muncul ke email saya….

17. jen - 3 Maret 2010

slm knl..

bisakah tlg saya?

1. saya baru menambahkan kolom d slh satu sisi..

dan d dlm kolom sdh muncul pilhan” misalnya page1, page 2 trs yang mau saya tanyakan, gimana caranya agar saat klik page 1/ page 2 bisa muncul halamannya page 1 ato page 2….(seperti pada kolom information klik about us, ato prvcy kan muncul halmannya)..

2. (maaf klo terlalu banyak nanya)
gmn cara menambahkan chat box n testimoni??

3. kalo saya mengupload gbr, bisakah lebih dari 1 gbr pada satu product? caranya gimana?

thank u…

ditunggu blasannya..(bisa via email kan? jen_aquarx@yahoo.com)

nanang - 9 Maret 2010

1. tergantung pada jenis add-on yang dipakai pak. Tetapi kalau secara manual, anda perlu membuat file dengan nama page1.php, page2.php dst dan ditaruh di tempat file index.php berada. Langkah berikutnya anda membuat membuat file definisi bahasa di folder di includes>languages>indonesia (atau bahasa lain yang dijadikan default) dengan nama page1.php, page2.php dsb.
2. coba buka link berikut ini : http://addons.oscommerce.com/info/5477
3. Bisa. coba gunakan add-on yg ada di sini :
http://addons.oscommerce.com/info/1032
atau
http://addons.oscommerce.com/info/5930

18. AndrikPrastiyono.Net - 18 Maret 2010

ini pluggin osc bisa dipakai di wp yang gratisan kah ?

nanang - 19 Maret 2010

bisa pak…gunakan plugin wp-oscommerce

19. luthfi - 2 April 2010

oscommerce itu uda langsung keinstall shipping modulnya kan?
soalnya mahal lho tiki shippping modulnya

nanang - 2 April 2010

modul shipping untuk oscommerce memang tinggal pakai saja, tetapi untuk modul shipping yang sesuai dengan kondisi di indonesia harus ditambahkan secara manual seperti misalnya TIKI atau Pos Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di http://addons.oscommerce.com

20. Achmad Farid - 10 April 2010

mas mau tanya settingan configure.php setelah di upload gmn? saya udah coba tapi kok muncul tulisan ini:

1146 – Table ‘kiosmusl_catalog.sessions’ doesn’t exist

select value from sessions where sesskey = ‘cac20f2f32289d2be68edfe0901ca851’ and expiry > ‘1270910853’

[TEP STOP]

21. Bayu - 29 April 2010

saya mau tanya untuk menambahkan fasilitas chat seperti C-box yang di blog blog bagaimana ya mas…aku menggunakan oscommerce http://www.azzam.co.id/ kalo ada bagaimana cara memasangnya dan alternatif lain bila tidak ada….^_^

sri nanang setiyono - 28 Mei 2010

mas bisa meniru dan memodifikasi langkah yang diterapkan di sini: http://addons.oscommerce.com/info/5477….

22. dedeziber - 10 Mei 2010

salam kenal … mau tanya nih ..saya sedang membangun toko onlinen saya mengalami masalah pada saat saya ganti template website oscommerce milik saya …. tiba2 semuah kacau … dan yang lebih parah saya gak melakukan proses bac-up semuah data di website saya lalu saya apload lagih data yang hilang dari oscommerce yang mentah dan web saya kembali sepeti semula …nah yang jadi masalah saya tak bisa masuk ke admin website saya malah muncul tulisan….?Unable to connect to database server! …. mohon bantuanya website saya http://petsshopmania.web.id …trimakasih

nanang - 10 Mei 2010

kemungkinan besar admin/includes/configure.php telah berubah pada saat anda mengupload dengan data mentah dari komputer anda. file configure tersebut tertimpa sehingga konfigurasi alamat database pun berubah. hal ini yang membuat sistem admin tidak bisa membaca data base…

23. Reynold Hugh - 12 Mei 2010

These templates are really good stuff! I have a question that how to setup Product Attributes in osCommerce!

sri nanang setiyono - 28 Mei 2010

hi Reynold, i dont get the point what do you mean by setup? Btw you could read the readme.txt file included in the zip package.

24. Rasyid - 16 Mei 2010

Terima kasih mas infonya.. saya kbtln lg cari hal ttg oscommerce

25. Zulfan - 17 Mei 2010

Hai Mas lam kenal ya, saya lagi buat toko online dengan oscommerce tapi lagi ada masalah posisi kolom kontent itu posisinya dempet ke kanan, saya ingin mengubahnya ke posisi center bagaimana caranya ya?oia saya minta YM mas donk id YM saya zulfan_ceo21.Tq

sri nanang setiyono - 28 Mei 2010

mas bisa lihat buka file php dari konten yang bersangkutan. Setelah ketemu, tambahkan saja tag html …. pada bagian yang ingin dijadikan ke tengah posisinya. YM saya: snsdotcom

26. debrian - 7 Juni 2010

makasi mas tutorial nya buat masang YM di oscommercenya.

semoga tmbh ok neh blog 😀
lanjutin mas tutorial nya ya.setia melihat postingan selanjutnya

27. aziz - 16 Juni 2010

salam kenal mas….
saya baru saja menginstall oscommerse dan berhasil akan tetapi ketika saya upload bahasa indonesia melalui ftp dan melalui admin sudah saya tambahkan bahasa baru (yaitu indonesia) ketika di halaman depan pada language saya klick simbol bendera indonesia kok yang tampil halaman kosong mas….?bukan halaman web yang berubah jadi indonesia…? mohon bantuannya mas….terima kasih

Nanang - 2 Juli 2010

coba ikuti dengan teliti prosedurnya mas. tidak munculnya halaman bisa jadi karena file index.php pada folder indonesia belum ada atau belum diterjemahkan. Untuk lebih pastinya, tolong kirimkan saya pesan kesalahan yang muncul atau screenshoot dari halaman kosong tersebut. Terima kasih

28. aditya - 16 Juni 2010

mas ni adit, salam kenal ya…
dapet link dari google yang ngulas tentang oscomm. jadi pengen ikut nanya jga, hehehe… mas shipping tu ap sich!! trs gmn masang nya di installan kita?

Nanang - 2 Juli 2010

mas adit, shipping itu artinya pengapalan tapi dalam konteks oscommerce biasa diindonesiakan jadi cara pengiriman barang. Oscommerce sudah memiliki modul2 pengiriman siap pakai yang bisa diaktifkan melalui menu admin di submenu Modul. tetapi umumnya modul2 pengiriman itu dibuat untuk sistem pengiriman di negara-negara Barat yang umumnya memakai jasa ekspedisi seperti Fedex, DHL, dll. Kalau di Indonesia kan lebih populer TIKI. Mas Adit bisa unduh modul Tiki di http://addons.oscommerce.com/info/6297/v,22

29. bebe - 24 Juni 2010

mas ini bebe
mas kalo mau memasukkan modul shipping dan modul payment pada oscommerce v 2 itu gmna caranya y?

Nanang - 2 Juli 2010

Mas Bebe, jawaban pertanyaannya lihat jawaban saya ke Aditya ya (no 28).

30. Nanang - 2 Juli 2010

Mas Bebe, lihat jawaban saya ke Aditya ya (no 28).

31. Bontot - 9 Juli 2010

mas adit, saya baru mau belajar bikin toko online, yang mau saya tanyakan apa benar saya tidak harus memiliki stok barang, kalaupun ada itu caranya bagaimana??? Tks

Nanang - 22 Juli 2010

iya benar. Mas Bontot cuma perlu kerjasama dengan pemilik barang alias minta ijin untuk menjualkan saja. Nanti kalau ada transaksi, baru mas Bontot ambil tuh barang.

32. - H - - 17 Juli 2010

mas gimana ya cara ganti template oscommerce?
saya cari tutorialnya katanya pakai sts, tapi saya sendiri bingung settingnya, atau ada cara lain ya mas yang tidak perlu menyentuh kode-kode di php nya?

dan referensi untuk donlot free templatenya dimana ya mas?

Nanang - 22 Juli 2010

coba mas lihat addons.oscommerce.com. Cari di bagian template

33. AGUS - 26 Agustus 2010

Mas saya boleh minta tolong tdk? saya sudah instal script oscommerce tetapi saya kesulitan untuk merubah ke bhs indo, maklum saya msh pemula dan ngeblog pake hp. kalo boleh tolong dong disettingkan. bisa kontak ke agussudaryanto79@gmail.com. terima kasih bantuanya

34. jati - 1 September 2010

Mas saya mau tny, cara ganti alamat YM chatbox pada oscommerce gmn ya mas?

35. therry - 14 Oktober 2010

Mas saya mau ikutan nimbrung boleh ya…

saya udah berhasil upload tiki online, tapi pas saya coba2 utk belanja dan checkout, keluarnya eror. kalau bisa bantu step2 instalasi tiki nya boleh gak,
1. difolder mana harus instal?
2. apa saja yang harus di lakukan sebelum dan setelah pengistalan (btw saya instal pake filezilla)
3. apa yang harus di aktifkan di admin nya?
4. apakah ada yang harus kita edit lagi dari zip tiki yang seperti link yg mas kasih diatas.
5. saya denger harus buat database sql dulu di cpanel apa benar? trus nanti ngelink in sama data basenya gimana?

thx atas jawabannya.
therry

36. therry - 14 Oktober 2010

Oh ya satu lagi mas,

kalo nambahin add on YM, FB, Twitter gimana caranya?

thx ya
Therry

37. abira77an - 23 Desember 2010

Mas salam kenal, nama saya Sudarno di bekasi.minta tolong, bgmn cara menambah modul agar di website saya bisa di tambah artikel2 yang berhubungan dengan produk2 yang saya jual, web saya http://www.kiosmoslem.com, terima kasih sebelumnya

38. What stat said about my blog in 2010 « Ngomongin Apa Aja…. - 2 Januari 2011

[…] Bikin Sendiri Toko Online dengan OsCommerce January 200970 comments 3 […]

39. Kang Amim - 27 Januari 2011

Mantabs mas…omong2 kenapa harus OSCommerce mas kan ada WP commerce dan virtuemart joomla. Maaf sy belum tahu kelebihannya jadi tolong diberitahu. Situs sy berbasis joomla http://www.tokoribbon.com.
Syukron, wasssalam

40. Kang Amim - 27 Januari 2011

Menarik mas. omong2 kenapa harus OSCommerce mas kan ada WP commerce dan virtuemart joomla. Maaf sy belum tahu kelebihannya jadi tolong diberitahu. Situs sy berbasis joomla http://www.tokoribbon.com.
Syukron, wasssalam

41. karang - 1 Februari 2011

mau tanya
setalah oscommerce di upload ke server
trus mau tau siapa aja yang sudah pesen gmana mas??
saya ujicoba hosting di 000webhost.com
mohon kasih tau solusi ya
terima kasih

42. Jun_ardi - 18 Maret 2011

mohon mf sblm ny om numpang tanya, ini saya lagi sibuk skripsi jd judul yg sy buat tentang pembuatan toko online dg menggunakan Oscommerce tapi saya blum paham dg oscommerce bagaimana cara install bahasa ny dan edit tampilan ny sesuai dg keingin kita..

trimakasih ya om…

43. aKang oLeh - 27 Maret 2011

gimana cara ngawinin oscomerce dengan wordpress, ajarin donk….. thanks u

44. muhamadsholeh - 1 Juni 2011

halo mas nanang, kalo boleh saya menawarkan, saya punya koleksi spri toko online , yg semuanya berbasis cms oscommerce, jadi anda bisa fokus pada susunan oscommerce, dan saya obral murah,

sama masnanang okelah bisa di nego

45. blink - 22 Juni 2011

mas ikut tanya, kalu mengganti template caranya gimana mas,,,,,,,,
makasih sebelumnya,.

46. dion - 4 Oktober 2011

boz bagaimana caranya menambahkan phpbb di oscommer? tolong di bantu

47. f123w4ll - 22 Oktober 2011

Berapaan mas?

48. anas - 25 Oktober 2011

wah lengkap banget nih..termasuk tanya jawabnya..makasih mas, lagi nyari tutorial bikin toko online pake oscommerce nih. Salam kenal..

49. Gede Rana - 2 November 2011

mas, bagaimana cara menginstall modul pembayaran bank indonesia di oscommerce? terima kasih

50. wiwik - 3 November 2011

mas, bikin gambarnya random ganti2 posisi gitu saat reload website pake pluggin apaan ?

51. kaos - 12 Desember 2011

ane juga punya toko online, tapi masih berbasis blogger

apakah bagus untuk terindeks ke google?

52. sisbromo - 3 Januari 2012

bos, apakah juga tersedia modul affiliasi dan CRM pada osCommers

53. personal - 27 Februari 2014

mau nanya, kalo dibagian payment nya itu dibuat melalui bank indonesia gitu bisa gak sebenernya? mohon bantuannya 🙂

54. fitri - 5 Februari 2016

Cara hapus sampah di oscommerce gmn ya? Space ms byk. Tp ga bs upload produk

55. mim - 13 Mei 2016

car menampilkan stok di halaman pertama gimana pak?


Tinggalkan Balasan

