jump to navigation

Masjid Bernuansa Tionghoa di Bandung 6 Agustus 2013

Posted by sri nanang setiyono in Esai.
trackback

Saya beberapa kali ke Bandung. Namun kunjungan terakhir ini yang berkesan. Saat waktu salat magrib tiba, setelah berbuka puasa, saya bermaksud pulang ke penginapan di Jalan Braga. Saat berjalan menyusuri Jalan ABC, saya melihat masjid yang bernuansa beda dari umumnya bangunan masjid di Indonesia.

Itulah masjid Al Imtizaj Pembauran Ronghe. Demikian nama itu saya kutip dari tulisan yang tertempel di dindingnya. Arsitektur, bentuk, warna, dan ornamen mengesankan saya pada bangunan khas di darata Cina. Semula saya kira itu klenteng atau vihara Tridharma, namun saya baru yakin kalau yang saya temui masjid karena ada tulisan dan melihat orang salat di dalamnya.

Masjid ini menyatu dan menjadi sayap kiri dari Abdurrahman bin Auf Trade Center yang tampaknya tidak beroperasi lagi. Ia tampak beda karena tetap terpelihara dan berfungsi. Saya sendiri tidak tahu apa arti dari istilah Pembauran Ronghe. Mungkin semacam nama marga atau keluarga dari etnis Tionghoa yang membangun masjid itu.

Yang jelas, memasuki masjid kita disambut gapura warna merah menyala dengan atapnya berupa kubah kecil. Interior masjid juga didominasi warna merah menyala dan warna coklat kayu. Ada juga beberapa lampion merah tergantung di langit-langit masjid. Dinding masjid dihiasi kaligrafi berbentuk segi empat yang tersusun dari empat kata Allah dalam huruf Arab. Sungguh suasana masjid yang berbeda bagi muslim seperti saya. Mungkin juga bagi sebagian besar warga Indonesia.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Iklan

Komentar»

1. Tamrin Yola - 23 Februari 2015

Saya atas nama pa tamrin dari kalimantan sala satu member ky seto yang sudah berhasil/sukses berkat batuan ky seto sukur alhamdulillah saya sekeluarga mengucapkan banyak banyak terimakasi senantiasa aki diberikan umur panjan dan kesehatan,tak lupa saya sampaikan bahwa jika anda butuh bantuan ky seto untuk mendapatkan angka jitu hasil ritual beliau silahkan hub: 082 357 407 147 langsung nor hp ky seto salam selalu tamrin kalimantan….

2. adriannehuffman728 - 9 April 2016

kelvin is witty!! GUESS WHAT.. i didnt know there was a spore idol going on right now.. hardly touch the tv..haa.. but i did see abit of primera ang s Click http://www.l33turl.com/dukcc091745


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: